span.fullpost {display:none;} span.fullpost {display:inline;}

Saturday, February 21, 2009

Perdebatan

Kawan judul diatas sengaja aku bikin,karena aku yakin hampir semua orang pernah terlibat suatu perdebatan, entah saat bekerja,atau saat ngumpul-ngumpul santai dengan temen, bahkan saat dimeja makan bersama keluarga, pokoknya dimana ada perbincangan dgn satu orang atau lebih tidak menutup peluang terjadinya suatu perdebatan.
Seandainya di dunia ini tidak ada yang berdebat,kira-kira apa ya yang terjadi?
Kalau aku sih sebuah perdebatan punya manfaat tersendiri,memang ada yang berakhir negatif atau positif.

Sekarang ini kan lagi masa menjelang Pemilu 2009,berita-berita di media baik cetak maupun kaca dan media online lagi gencar mempublikasikan para politikus mengkampanyekan partai masing-masing, dan para tokoh-tokoh politik saling melempar kata-kata yang memancing perdebatan baik dikalangan politikus sendiri maupun dilingkungan masyarakat yang ikut-ikutan membahas sambil ngobrol di depan tv.

Kembali ke masalah perdebatan,sesungguhnya bagaimana sih perdebatan itu bisa terjadi?
Sebagai manusia yang dikaruniai akal untuk berpikir,banyak hal yang bisa dikembangkan dari pemikiran setiap individu tsb.Kemudian buah pikiran tsb dituangkan dalam bentuk penyampaian suatu pendapat kepada orang lain,karena pengetahuan orang berbeda-beda disitulah terjadi pertukaran pendapat atas informasi yang diberikan, kembali kepribadian masing-masing orang ada yang terbuka menerima masukan ada yang merasa pendapatnya paling sesuai ,disinilah bisa terjadi suatu perdebatan jika masing-masing orang yang sedang berinteraksi dalam suatu hal tidak ada yang bisa saling menerima.

Perdebatan kadang juga memancing emosi yang kadang-kadang bisa menimbulkan perpecahan,ini adalah dampak negatif jika kita tidak bisa menyelesaikan perdebatan dengan hati dan wawasan yang terbuka.

Kawan ini adalah tulisan ku yang sekedar merasa prihatin melihat dan mendengar berbagai peristiwa kerusuhan dan pertingkaian yang disebabkan oleh sebuah perdebatan.
Nah kawan seandainya kita ingin menyampaikan pendapat cobalah bersikap sabar akan reaksi yang mungkin kita terima,toh jika dipikir kita gak rugi apa-apa seandainya pendapat kita tidak diterima saat itu,sekalian bisa kita ambil sebagai masukan untuk introspeksi diri,bener enggak?

OK, terima kasih buat yang mau baca tulisan ini.

No comments:

Post a Comment